Monday, January 9, 2012

Fungsi Bantal Saat Menyusui


Menyusui bayi bukanlah merupakan perkara mudah namun bukan pula merupakan perkara yang susah dilakukan. Butuh trik-trik khusus agar si buah hati ini mendapatkan ASI dengan banyak. Begitu pentingnya peranan ASI dalam memenuhi nutrisi dan tumbuh kembang balita sehingga Kita ingin selalu menghadirkannya. Terkadang karena kekurang tanggapan orang tua mengakibatkan ASI kurang banyak dan kurang terserap oleh anak sehingga anak menjadi malas untuk menyusu dan lebih memilih susu formula dengan menggunakan dot.
Apalagi terkadang sebagai ibu menyusui Kita justru dihadapkan dengan berbagai kesibukan lain yang membuat perhatian terhadap anak kadang terbagi. Pastinya Anda tidak ingin keadaannya seperti ini, karena setiap Ibu ingin memberikan ASI terbaik untuk buah hati. Karena itulah Kita harus mencari cara menyusui yang baik. Sebagai Ibu menyusui Kita dihadapkan dengan berbagai pilihan untuk mempermudah agar buah hati bisa mendapatkan nutrisi terbaiknya ini. Salah satu yang biasanya digunakan untuk mengakali hal ini adalah dengan penggunaan bantal saat menyusui. Lantas, apa sebenarnya fungsi dari bantal ini saat menyusui?
Fungsi bantal saat menyusui:
  1. Jika memiliki bentuk payudara yang kecil dan pendek, hal ini akan menyulitkan anak untuk mendapatkan ASI. Untuk itu agar memudahkan bayi untuk mendapatan ASI, perlu dibuat sesuatu untuk menyangga atau untuk meninggikan posisi bayi agar mulut bayi bisa lebih dekat ke payudara. Dengan begini, bayi tidak akan kesulitan untuk menemukan ataupun menjangkau payudara si ibu.
  2. Bantal ini berfungsi untuk menjaga agar kepala bayi tidak melorot pada saat menyusui. Apalagi biasanya bayi kerap kali tertidur ketika sedang disusui. Agar kegiatan menyusuinya ini menjadi lebih aman, Anda bisa selalu menggenakan bantal saat si buah hati menyusui. Bantal yang tersedia di pasaran bermacam-macam bentuknya. Untuk mengatasi agar bayi tidak melorot ini Kita bisa menggunakan bantal yang memiliki karet sehingga kepala bayi tertahan dan tidak akan jatuh.
  3. Fungsi bantal selanjutnya ketika menyusui adalah untuk menganjal tangan si buah hati. Apalagi jika si kecil sampai tertidur saat menyusui sehingga membuat tangan akan terasa pegal. Jika si bayi menyusui dalam waktu yang lama, bantal ini sangat berperan sekali. Bayi yang mengalami pegal pada tangan hanya bisa mengutarakan rasa sakit ini. Hanya tangisan biasanya yang dapat mewakili. Karena itulah agar buah hati ini tidak mengalami keluhan, sedari dini Kita sudah melakukan pencegahan.
  4. Bayi yang dapat menyusui dengan baik akan membuatnya mudah mendapatkan nutrisi terbaik nya. Dengan begini si bayi akan lebih sering untuk menyusu. Selain itu sebagai Ibu menyusui Kita pastinya juga akan senang jika produksi ASI bisa bertambah banyak dengan semakin seringnya dikeluarkan. Maka dari itulah peran bantal pada saat menyusui akan sangat membantu untuk mempermudah pemberian nutrisi terbaik ini.

No comments:

Post a Comment